Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Pengembangan Pariwisata Oleh Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatra Barat

Main Author: aditya wijaya, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/22665/1/SKRIPIS%20GABUNGAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22665/2/BAB%20V%20BARU.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22665/
Daftar Isi:
  • Nama : Aditya Wijaya Nim : 11543100505 Judul : Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Pengembangan Pariwisata Oleh Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatra Barat Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya pariwisata yang ada di Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatra Barat diperlukannya strategi komunikasi pemasaran yang tepat dalam pengambangan pariwisata mengingat potensinya cukup pesat dimasa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar dalam pengembangan pariwisata. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif yakni mengambarkan dan menjelaskan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kabid pariwisata, kasi usaha jasa dan pemasaran, kasi promosi wisata. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar dalam pengembangan pariwisata adalah dengan bauran komunikasi pemasaran; 1). Iklan, melalui media sosial dan media cetak seperti facebook ,instagram, 2). Penjualan perorangan secara langsung dan memberikan brosur dan bekerjasama dengan komunitas-komunitas untuk disebarluaskan kepada masyarakat, 3). Publikasi, mengpublikasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan nantiknya akan di publikasikan di akun resmi milik Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Tanah Datar, 4). Pamaren sebagai cara dalam pengembangan pariwisata, seperti membuat eventtour danausingkarak, event pacu jawi, event pacu kuda dan pamarenfestival pesona budaya minangkabau berkejasama dengan komunitas-komunitas dan masyarakat di berbagai daerah yang ada di Kabupaten Tanah Datar salah satu proses mempercepat perkembangan pariwisata Kabupaten Tanah Datar. Kata Kunci : Strategi,Komunikasi Pemasaran, Pariwisata