Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Pengetahuan Awal Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 42 Pekanbaru

Main Author: Annisa Sulasih, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/22661/1/17%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22661/2/GABUNGAN.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22661/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Annisa Sulasih, (2019) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Pengetahuan Awal Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 42 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ada fakta di lapangan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran probing prompting dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung berdasarkan pengetahuan awal matematis siswa SMP Negeri 42 Pekanbaru. penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah the nonequivalent posttest-only control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 dan VIII.6 SMP Negeri 42 Pekanbaru. sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji anova dua arah (two factorial design). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran probing prompting dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung; 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi, sedang dan rendah; 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran probing prompting dan pengetahuan awal matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. model pembelajaran probing prompting dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran pada mata pelajaran matematika. Kata kunci : Model Pembelajaran Probing Prompting, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pengetahuan Awal Matematis, Quasi Eksperimen, Pola Bilangan dan Barisan Bilangan.