PENGARUH PAJAK, MEKANISME BONUS DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN PERDAGANGAN, JASA & INVESTASI YANG LISTING DI BEI TAHUN 2015-2018

Main Author: M. AFRIANSYAH PUTRA, 11373100058
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/22634/1/GABUNG.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22634/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22634/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pajak, mekanisme bonus dan tunneling incentive terhadap transfer pricing pada perusahaan perdagangan, jasa & investasi yang listing di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan perdagangan, jasa & investasi selama empattahun berturut-turut dari tahun 2015-2018 yang berjumlah 145 perusahaan. Setelah dilakukan penelitian, terdapat 9 perusahaan yang memenuhi kriteria. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Data yang diteliti diperoleh dari situs BEI yaitu www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu menggunakan analisis Regresi Data Panel dan menggunakan bantuan program E-Views. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pajak berpengaruh signifikan terhadap Transfer pricing 2) Mekanisme Bonus berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing berpengaruh signifikan terhadap Transfer pricing 3) Tunneling Incentive tidak berpengaruh signifikan terhadap Transfer pricing. Hasil analisis data atau regresi data panel menunjukkan bahwa secara parsial variabel pajak, mekanisme bonus dan tunneling incentive berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing. Kontribusi seluruh variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen adalah sebesar 62,05%, sedangkan sisanya sebesar 37,95% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.