Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan lingkungan belajar dan rendahnya hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Jenis penelitian ini adalah fiel research yaitu peneliti langsung terjun kelapangan untuk mencari data dengan pendekatan kuantitatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan yang signifikan lingkungan belajar dengan hasil belajar di Sekolah Dasar SeKecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu? Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 948 siswa dan sampelnya sebesar 15% berjumlah 142 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling, yaitu penentuan sampel berdasarkan kelas atau strata. Teknik analisa data menggunakan teknik korelasi product moment dan regresi linear sederhana. Untuk menganalisis data menggunakan program Statistic Package for Social Science (SPSS ) for Windows Release 20.0. Hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, ini dibuktikan nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0.000 ( 0.000 < 0.05)dan hasil regresi linear Y = 37.124 + 0.498 X diperoleh B. 0.498 bertanda positif ini berarti: setiap kali variabel lingkungan belajar bertambah maka rata-rata variabel hasil belajar akan bertambah pula. Karena hasil coefficients (sig. 0,000 < 0,05 ) ini berarti Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang signifikan lingkungan belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Besar hubungan kedua variabel tersebut yaitu 15,2% dan sisanya 84.8% dipengaruhi oleh variabel lain