UPAYA PEMBINAAN AKHLAK SISWA OLEH GURU MADRASAH ALIYAH AL-HUSNA DARUSSALAM DESA LENGGADAI HULU KECAMATAN RIMBA MELINTANG KABUPATEN ROKAN HILIR
Main Author: | Fatkhul Wahab, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2259/1/2011_2011284.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2259/ |
Daftar Isi:
- Masalah akhlak merupakan masalah yang menjadi perhatian banyak orang terutama orang tua, masyarakat, alim ulama, para pendidik atau guru. Tidak sedikit para orang tua dan guru yang merasa kebingungan dalam menghadapi anak didiknya yang mulai menginjak remaja, mereka susah dikendalikan, nakal, keras kepala, tidak mau belajar, bolos dari sekolah, merokok, berbuat keonaran dan mengganggu ketertiban serta kenyamanan orang lain. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan dilokasi penelitian, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana upaya pembinaan akhlak siswa oleh guru Madrasah Aliyah Al-Husna Darussalam Desa Lenggadai Hulu Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir ? 2. Apa faktor-faktor yang mempengaruhi upaya pembinaan akhlak siswa Madrasah Aliyah Al-Husna Darussalam Desa Lenggadai Hulu Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir ? Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi, setelah itu data yang diperoleh akan dianalisis dengan tehnik analisis deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan analisis maka dapat disimpulkan bahwa upaya pembinan skhlak siswa oleh guru Madrasah Aliyah Al-Husna Darussalam Desa Lenggadai Hulu Kecamatan Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir mencapai 80,5 %, hal ini sesuai dengan standar persentase yang sudah ditetapkan sebelumnya yakni berada pada 80 – 100 %, maka upaya guru tersebut tergolong baik. Kemudian faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah tingkat pendidikan keguruan, karna 11 orang guru di sekolah tersebut sudah Sarjana (S1), kemudian tingkat pengalaman menjadi guru, adanya fasilitas yang sudah memadai dan adanya kekompakan serta kerjasama yang baik antara sesama guru dalam upaya membina akhlak siswa-siswinya.