PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR EKONOMI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 PEKANBARU
Main Author: | RINA LISDAWATI, 11516200207 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/22558/1/SKRIPSI%20RINA%20LISDAWATI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22558/2/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22558/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap aktivitas belajar ekonomi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, objeknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap aktivitas belajar ekonomi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 89 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 54 orang siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tes t. Berdasarkan hasil analisis uji t dari skor aktivitas belajar siswa (posttest) pada mata pelajaran ekonomi antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung ≥ ttabel atau 12,112 >1,674, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap aktivitas belajar ekonomi siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Kata kunci: Kooperatif, Snowball Throwing dan Aktivitas Belajar