ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN SURVEI ELEKTABILITAS CALON PRESIDEN JOKOWI VS PRABOWO DI MEDIA ONLINE REPUBLIKA.CO.ID EDISI APRIL 2018
Main Author: | Nurul Husna, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/22528/1/SKRIPSI%20GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22528/2/BAB%20V%20BARU.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22528/ |
Daftar Isi:
- Pemberitaan terkait hasil survei elektabilitas Jokowi VS Prabowo menjelang pemilihan Presiden merupakan salah satu topik pembahasan yang menarik bagi media massa online dan marak diperbincangkan warganet selaku pembacanya. Media online tentunya tidak berdiri sendiri, tetapi dikelilingi dengan berbagai kepentingan yang ada dibelakangnya. Dalam penelitian ini media online yang diteliti yakni Republika.co.id. Adapun rumusan masalah penelitian ini ialah bagaimana framing pemberitaan mengenai survei elektabilitas Jokowi Vs Prabowo di media online Republika.co.id yang dipublikasikan pada tanggal 15–25 April 2018. Teori yang digunakan yakni teori agenda setting dengan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan analisis framing model Pan dan Kosicki dengan meneliti struktur sintaksis, skrip, tematik dan retoris pada berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Republika.co.id terlihat cenderung berpihak kepada Jokowi dalam pengemasan berita. Keberpihakan ini dapat dikatakan berkaitan dengan adanya pengaruh kepentingan dan kepemilikan media online Republika.co.id yakni Erick Thohir yang juga selaku ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden Jokowi dan Ma’ruf Amin pada pilpres 2019. Kata kunci: Analisis framing, Agenda Setting, Survei elektabilitas.