PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)DENGAN PENDEKATANSOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN 1 PANGKALAN KURAS KABUPATEN PELALAWAN

Main Author: Mariana,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2243/1/2011_2011237.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2243/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui Penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) Siswa Kelas X SMAN 1 Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. Di mana penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu suatu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran di kelas, salah satunya yaitu meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan menyamaratakan kemampuan siswa dikelas, dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih professional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-b SMAN 1 Pangkalan Kuras pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan peneliti sendiri. Observasi dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan 3 kali tindakan dengan menerapkan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI). Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah test “t” untuk sampel yang berkorelasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan program SPSS for windows versi 16.0. dari analisis data yang dilakukan mengenai penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) diperoleh nilai to = - 12,703 yang berarti lebih besar dari harga tt (to>tt) (tanda minus diabaikan) baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu (2,03<12,703>2,72) sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternative diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) siswa kelas X SMAN 1 Pangkalan Kuras. Ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada pertemuan sebelum tindakan rata-ratanya 58.38, sedangkan rata-rata setelah penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pendekatan Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) adalah 80,50.