UPAYA GURU MENGATASI KECEMASAN SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIYAH SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

Main Author: MISNA WAHYUNI, 11311201983
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/22371/1/file%20lengkap%20sampai%20lampiran%20kecuali%20hasil%20penelitian%20%28Bab%20IV%20dan%20atau%20Bab%20V%29.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22371/2/file%20Hasil%20Penelitian%20%28%20Bab%20%20IV%20dan%20atau%20Bab%20V%29.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22371/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Misna Wahyuni, (2019): Upaya Guru Mengatasi Kecemasan Siswa dalam Menghafal Al-Qur’an pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru mengatasi kecemasan siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru mengatasi kecemasan siswa dalam menghafal Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Siak Hulu Kabupeten Kampar. Populasi penelitian adalah guru Al-Qur’an Hadits yang berjumlah 1 orang dan siswa berjumlah 64 orang. Penelitian ini tidak mengambil sampel. Karena jumlah populasi kurang dari 100 orang. Tekhik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan tekhnik deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil analisis data diperoleh bahwa Upaya Guru Mengatasi Kecemasan Siswa dalam Menghafal Al- Qur’an pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Siak Hulu Kabupaten Kampar termasuk kategori “BAIK” hal ini berdasarkan nilai hasil observasi 61,81 % dan hasil angket dari siswa 70,24 %. faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru mengatasi kecemasan siswa adalah sarana dan prasarana yang kurang mendukung, guru Al-Qur’an Hadis bukan lulusan kependidikan guru namun sudah mengikuti akta 4, pengalaman guru mengajar sudah lebih 20 tahun, fasilitas kurang memadai, lingkungan sekolah sudah efektif karena jauh dari keramaian, kurikulum yang digunakan kurikulum 2013 (K13). Kata Kunci : Upaya guru, Kecemasan