فعالية تطبيق الطريقة المباشرة بتقنية " انظر وقل " فى تعلم اللغة العربية لترقية مهارة الكلام لدى التلاميذ فى المدرسة المتوسطة الإسلامية بمؤسسة معهد القرآن المجدية بمركز باكان سينمباه بمنطقة روكان هيلير
Main Author: | DESI AYU KARATIKA.HUMENDRU, 113312201543 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/22356/1/File%20BAB%20Hasil%20Penelitian%20%28BAB%20IV%20dan%20atau%20Bab%20V%29.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22356/2/File%20Lengkap%20kecuali%20BAB%20Hasil%20Penelitian%20%28BAB%20IV%20dan%20atau%20BAB%20V%29.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22356/ |
Daftar Isi:
- Desi Ayu Kartika Humendru, (2019): Efektifitas Penerapan Metode Langsung dengan teknik Look and Say dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Siswa di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pondok Al – Qur’an Al-Majdiyah Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas penerapan metode Langsung dengan teknik Look and Say dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pondok Al – Qur’an Al-Majdiyah Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah penerapan metode Langsung dengan teknik Look and Say dalam pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa di Madrasah Tsanawiyah yayasan Pondok Al – Qur’an Al-Majdiyah Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir”. Subjek penilitian ini adalah siswa dan objeknya adalah penerapan metode Langsung dengan teknik Look and Say dan meningkatkan kemahiran berbicara siswa. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa madrasah Tsanawiyah yayasan Pondok Al – Qur’an Al-Majdiyah Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir dengan jumlah 419. Dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan test, dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Langsung dengan teknik Look and Say efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa Madrasah Tsanawiyah yayasan Pondok Al – Qur’an Al-Majdiyah Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir yang mana nilai yang diperoleh dari observasi adalah 90% dengan kategori baik sekali, dan nila berdasarkan tes yang mana dk = 65 pada derajat signifikan 5% dengan persentase ttabel 0,20 dan thitung 2,39 dan nilai tersebut lebih besar dari ttabel atau dengan gambaran 3,29>0,20. Dan dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak atau dengan kata lain penerapan metode Langsung dengan teknik Look and Say dalam pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan kemahiran berbicara siswa di Madrasah Tsanawiyah Yayasan Pondok Al – Qur’an Al-Majdiyah Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Kata Kunci :Efektifitas, Penerapan, Metode Langsung, Teknik Look And Say Kemahiran Berbicara