P E N I N G K A T A N H A S I L B E L A J A R S I S W A MELALUI TEKNIK RESITASI DALAM PEMBELAJARAN ALIF LAM SYAMSIYAH DAN ALIF LAM QOMARIYAH DI KELAS VII SMPN 6 PEKANBARU

Main Author: Syamsinar,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2235/1/2011_2011226.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2235/
Daftar Isi:
  • Dalam proses belajar mengajar seorang guru harus dapat mengajarkan membaca Alqur’an dengan baik dan efektif dengan berbagai teknik dan strategi yang tepat dengan perkembangan pemikiran peserta didik dan sesuai dengan kurikulum yang tersedia di sekolah. Sehubungan dengan hal itu Roestiyah NK menegaskan bahwa di dalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki strategi, agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien, mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu ialah harus menguasai teknik-teknik penyajian atau biasa disebut metode mengajar. Di kelas VII SMPN 6 Pekanbaru, dalam pembelajaran alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah, guru selama ini telah mengajar dengan persiapan yang baik seperti telah mempersiapkan silabus dan RPP, melaksanakan pengajaran dengan tanya jawab. Namun dari pengamatan awal, terlihat hasil belajar siswa masih rendah, hal ini dilihat dari gejala-gejala seperti nilai rata-rata kelas tentang hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah adalah 5,3. rata-rata kelas tentang perbedaan hukum bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah adalah 5,4, rata-rata kelas tentang melafazkan dengan tepat bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah adalah 5,4 rata-rata kelas tentang menyebutkan contoh-contoh lain bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah selain yang dicontohkan guru adalah 5,2, rata-rata kelas tentang contoh dalam Alqur’an bacaan alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah adalah 5,3. Berdasarkan gejala-gejala tersebut, penulis ingin menelitinya dengan judul: ”Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Alif Lam Syamsiyah dan Alif Lam Qomariyah Melalui Teknik Resitasi di Kelas VII SMPN 6 Pekanbaru”. Penelitian ini dilakukan melalui Prosedur penelitian tindakan kelas yang dapat dilaksanakan melalui empat langkah utama yaitu perencanaan pembelajaran, implementasi tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Hasil belaja siswa dalam dalam pembelajaran alif lam syamsiyah dan alif lam qomariyah di Kelas VII SMPN 6 Pekanbaru, dengan menggunakan teknik resitasi, berdasarkan hasil tindakan kelas siklus terakhir(IV) adalah 7.7 x 10 = 77%, yang berarti hasil belajar siswa adalah baik.