THE CORRELATION BETWEEN PARENTS EDUCATIONAL BACKGROUND AND STUDENTS MOTIVATION IN LEARNING ENGLISH OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

Main Author: TRI SUCI LESTARI, 11414200233
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/22307/3/GABUNGAN%20OK.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22307/4/CHAPTER%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22307/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tri Suci Lestari. 2019. Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang tua dan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Sebelas di SMK Muhammadiyah Pekanbaru Penelitian ini berjudul Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang tua dan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Sebelas di SMK Muhammadiyah Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian korelasi. Didalam penelian ini ada 2 variabel, variable X (Tingkat Pendidikan Orang Tua) dan variable Y (Motivasi belajar siswa dalam pelajaran bahasa Inggris). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas sebelas di SMK Muhammadiyah Pekanbaru dan tujuan dari penelian ini adalah untuk mencari apakah ada hubungan antara Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Orang tua dan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Sebelas di SMK Muhammadiyah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jumlah keseluruhan populasinya adalah 148 siswa kelas sepuluh di SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Peneliti mengambil 37 siswa sebagai sampel melalui teknik simple random sampling. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan angket untuk mengetahui Tingkat Pendidikan Orang tua dan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Teknik yang digunakan untuk menganalisa data dalam peneliatian ini adalah rumus dari korelasi, yaitu yang disebut dengan rumus Peason Product Moment Correlation. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat pendidikan orang tua berada dalam kategori biasa/cukup. Ada 22% orang tua siswa yang memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, 36% orang tua siswa berada dalam kategori cukup, 42% orang tua siswa berada dalam kategori rendah. Motivasi belajar siswa berada dalam kategori baik/ tinggi. Ada 19% siswa yang mempunyai motivasi belajar yang sangat tinggi, 67% siswa berada dalam kategori tinggi, dan 14% siswa mempunyai motivasi belajar biasa/cukup. Penelitian ini mengungkapkan bahwa koefisien korelasi (rxy) adalah 0.875 yang mana rtable adalah 0.325 (rxy ≥ rtabel). Jadi, Ha diterima dan Ho ditolak. Itu berarti bahwa ada hubungan yang signifikan Antara Tingkat Pendidikan Orang tua dan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Sebelas di SMK Muhammadiyah Pekanbaru. Kata Kunci : Tingkat Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris