PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU
Main Author: | RIFDA NIMURY, 11516202160 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/22300/1/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22300/2/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22300/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Rifda Nimury, (2019): Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, variabel bebas/independen yaitu kreativitas guru dan variabel terikat/dependen yaitu minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kreativitas guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi guna melihat seberapa besar pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah pengaruh kreativitas guru terhadap minat belajar siswa. Populasi pada penelitian ini adalah guru ekonomi dan siswa kelas X yang bejumlah 143 orang, sedangkan untuk sampelnya adalah guru ekonomi dan 105 orang siswa, penulis mengambil sampel dengan teknik random sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan secara acak dari peneliti. Pengambilan data dalam penelitian ini penulis menggunakan dua teknik yaitu angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul selanjutnya di analisis menggunakan program SPSS (Statistica Program Society Science) Versi 25.0 dengan teknik regresi linier sederhana dan dimasukkan kedalam rumus Product Moment. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru terhadap minat belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Dengan tingkat kontribusi sebesar 41,9% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain. adapun besarnya ro (observasi) = 0,647, apabila dibandingkan dengan rt (tabel) pada taraf 5% maupun 1% maka 0,1950,647>0,256. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Minat Belajar Siswa