EFEKTIVITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK MODELLING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PEKANBARU
Main Author: | Henny Seribu Anggun, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/22290/2/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22290/3/GABUNGAN%20OK.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/22290/ |
Daftar Isi:
- Henny Seribu Anggun (2019): Efektivitas Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Modelling Simbolik untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pekanbaru Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gambaran keterampilan belajar siswa sebelum diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik modelling simbolik, mendeskripsikan gambaran keterampilan belajar siswa sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik modelling simbolik, mengetahui apakah layanan penguasaan konten dengan teknik modelling simbolik efektif meningkatkan keterampilan belajar siswa SMAN 1 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMAN 1 Pekanbaru tahun pelajaran 2019/2020 dengan populasi sebanyak 395 siswa. Subjek penelitian adalah 34 orang siswa yang merupakan penelitian sampel dengan mengambil sebagian dari populasi sebagai subjek penelitian. Uji validitas menggunakan SPSS 21.0 for windows. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan belajar siswa sebelum diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik modelling simbolik berada dikategori sedang dengan rata-rata 69,09 dan setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik modelling simbolik mengalami peningkatan tinggi dengan rata-rata 89,65, maka dapat dikatakan adanya perbedaan pre test dan post test. Jadi dapat disimpulkan layanan penguasaan konten dengan teknik modelling simbolik efektif meningkatkan keterampilan belajar siswa yang dilihat dari analisis data bahwa thitung>ttabel 37,887>2,00 sehingga Ho ditolak. Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Penguasaan Konten, Teknik Modelling Simbolik, Keterampilan Belajar