PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELKOM PEKANBARU

Main Author: TARWANTO, 11516101118
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/22205/1/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22205/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22205/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tarwanto, (2019): Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Scramble terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran scramble terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya: siswa kurang memperhatikan guru saat pembelajaran, siswa mengerjakan tugas dengan mencontek dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran scramble dan motivasi belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan ujites “t”. Berdasrkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran scramble terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini sesuai dengan ujites “t” yaitu thitung>ttabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% (2,002 < 14,738 > 2,394) yang berarti penggunaan model pembelajaran scramble sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Kata kunci: Model Pembelajaran Scramble - Motivasi Belajar