ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) BERORIENTASI GREEN CHEMISTRY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI TERMOKIMIA

Main Author: Rizki Tri Cahyati, (-)
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/22073/1/UPLOAD%20PUSTAKA%20UNIV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22073/2/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/22073/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Rizki Tri Cahyati (2019): Analisis Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Berorientasi Green Chemistry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia. Pembelajaran dengan model predict observe explain (POE) menggunakan 3 langkah utama yang memenuhi indikator berpikir kritis. Model pembelajaran ini didukung oleh pendekatan green chemistry yaitu suatu gerakan untuk mengurangi penggunaan bahan kimia berbahaya dan meningkatkan nilai-nilai konservasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran predict observe explain (POE) berorientasi green chemistry terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan pada semester satu tahun ajaran 2018/2019 dikelas XI IPA SMA Negeri 2 Bagan Sinembah dengan materi pokok termokimia. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian The One Group Pretest-Postest Control. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Hasil ketercapaian kemampuan berpikir kritis yang paling dominan yaitu pada sub indikator mengatur strategi dan teknik dengan N-Gain 0,7921 (kategori tinggi) serta sub indikator memberi penjelasan sederhana dengan N-Gain 0,7205 (kategori tinggi) sedangkan sub indikator dengan pencapaian terendah terdapat pada sub indikator menyimpulkan dengan N-Gain 0,6323 (kategori sedang). Hasil analisis data menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran predict observe explain (POE) berorientasi green chemistry dengan N-gain 0,7446 dalam kategori tinggi. Kendala yang dihadapi dalam menerapkan pembelajaran predict observe explain (POE) berorientasi green chemistry yaitu peneliti belum sepenuhnya paham tentang setiap aspek green chemistry. Jadi, diharapkan kepada peneliti selanjutnya perlu lebih memahami aspek-aspek green chemistry. Kata Kunci : Predict-Observe-Explain (POE); Green Chemistry; Berpikir Kritis.