PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING SECARA BERKELOMPOK TERHADAP PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SINGINGI KABUPATEN KUANSING

Main Author: PIRMAN,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2196/1/2012_2012350.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2196/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran problem posing tipe post solution posing secara berkelompok terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Singingi Kabupaten Kuansing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah perbedaan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing secara berkelompok dengan pemecahan masalah matematika menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Singingi Kabupaten Kuansing?”. Metode Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki pengaruh antara variabel dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas (kelas eksperimen) dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang tidak diberikan perlakuan (kelas kontrol). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Singingi dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran problem posing tipe post solution posing secara berkelompok. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara, dokumentasi, observasi, dan tes. Peneliti memberikan soal tes yang sama kepada kedua kelas. Tes yang sama bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai dari kedua kelas terhadap pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing secara berkelompok lebih baik dari pada model pembelajaran yang biasa guru gunakan. Ini terlihat dari perbandingan t0 lebih besar dari tt (2,00<3,03>2,65), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing secara berkelompok terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Singingi Kabupaten Kuansing.