PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs AL-MUSLIMUN JALAN LINTAS TIMUR KM 29,5 KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN
Main Author: | YENI SAFRIYA ERLINA, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2193/1/2012_2012345.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2193/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan aktivitas belajar siswa kelas VII MTs Al-Muslimun yang belajar dengan penggunaan strategi pembelajaran aktif index card match dan siswa belajar dengan penggunaan metode konvesional. Tujuan penelitian yang diharapkan tersebut berkaitan dengan permasalahan yang peneliti temukan di MTs Al-Muslimun, yaitu rendahnya aktivitas belajar matematika siswa. Bentuk penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan dokumentasi dan observasi, peneliti menganalisis data tersebut menggunakan teknik analisis statistik inferensial. Karena data yang diperoleh berbentuk ordinal, maka penulis menggunakan rumus chi kuadrat. Berdasarkan hasil analis data tersebut, diperoleh simpulan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa kelas VII MTs Al-Muslimun yang belajar penggunaan strategi pembelajaran aktif index card match ( kelas eksperimen ) dan siswa yang belajar penggunaan metode konvesional ( kelas kontrol).