Daftar Isi:
  • Penjualan merupakan faktor penting untuk keberlangsungan produksi. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi penjualan yakni daya tarik produk, daya tarik simplikasi, daya tarik harga dan daya tarik finasial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pembelian konsumen terhadap produk susu menggunakan data penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah association rule dengan algoritma FP-Growth. Hasil penelitian didapat bahwa, pembelian konsumen terhadap produk susu dipengaruhi oleh daya tarik produk berupa rasa, ukuran dan kategori. Hal ini dibuktikan jika konsumen membeli susu rasa chocolate dengan ukuran kisaran 40220ml dan berkategori susu liquid maka penjualannya banyak dengan nilai support 13,76% dan confidence 100% dan jika konsumen membeli susu rasa plain dengan ukuran kisaran 250-400 gram, dan berkategori powder maka penjualannya lebih rendah dengan nilai support 3,34% dan confidence 100%. Kata Kunci: Association Rule, Data Mining, FP-Growth, Penjualan