PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN PEMBERIAN MIND MAPPING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 PEKANBARU

Main Author: RIKO PIRMANSAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2192/1/2012_2012324.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2192/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Pemberian Mind Mapping. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan Pemberian Mind Mapping ?” Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yaitu peneliti berperan sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru yang berjumlah 316 orang, sebagai sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 45 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling pertimbangan, karena kedua kelas tersebut belajar dengan guru yang sama, dan hasil ulangan terakhir kedua keles tersebut homogen. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama tujuh kali, yaitu enam kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan pemberian Mind Mapping dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan pemberian Mind Mapping.