PENGARUH PENERAPAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DALAM PENDEKATAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH DUMAI
Main Author: | Putri Riski Maulidia, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2191/1/2012_2012322.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2191/ |
Daftar Isi:
- berapa besar pengaruh Problem Based Instruction (PBI) dalam pendekatan Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penerapan PBI dalam pendekatan ATI terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa?” dan “Berapa besar pengaruh penerapan PBI dalam pendekatan ATI terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan peneliti sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Dumai yang berjumlah 50 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan Problem Based Instruction dalam Pendekatan Treatment Interaction dan satu pertemuan lagi dilaksanakan re-teaching dengan tutor sebaya dan postes. Sebelum melakukan penelitian, terlebih dahulu melakukan tes IQ yang bertujuan dapat mengelompokkan siswa berdasarkan kelompok tinggi, sedang dan rendah. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus tes-t. Sedangkan besaran pengaruh pada pembelajaran model PBI dalam pendekatan ATI dihitung dengan Kp. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa PBI dalam pendekatan ATI memberikan pengaruh kepada siswa berkemampuan tinggi sebesar 50,35%, siswa berkemampuan sedang sebesar 31,18%, dan siswa berkemampuan rendah sebesar 46, 52%.