Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Pada Home Industry PUAASS Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru Ditinjau Menurut Perspektif Ekonomi Syariah
Main Author: | aditya prasetyo, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/21845/1/SKRIPSI%20BAB%20I-V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/21845/2/SKRIPSI%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/21845/ |
Daftar Isi:
- Strategi komunikasi pemasaran adalah sarana untuk menginformasikan, memperkenalkan, menawarkan, mempengaruhi, dan mempertahankan pelanggan, khalayak dan juga stake holder, mengenai produk atau merek dari sebuah usaha. Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat penjualan yang terjadi pada home industry PUAASS yang mengalami perubahan yang signifikan. Penelitian ini menggunakan metode penulisan deduktif, dan menggunakan teknik analisis deskriptif lalu diinterpretasikan sebagai hasil analisa kualitatif. Lokasi penelitian ini di Desa Labuh Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah pihak manajemen yang terdiri dari 8 orang dengan sampel 2 orang (Pusposive Sampling), yaitu 1 orang pimpinan usaha dan 1 orang lagi staf bagian pemasaran. Dan teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh home industry PUAASS menggunakan strategi Integrated Marketing Communication (IMC). Namun masih ada beberapa faktor pendukung dalam proses pemasaran dan faktor penghambat yang memungkinkan penyebab peningkatan dan penurunan pada jumlah konsumen PUAASS. Perspektif ekonomi syariah terhadap periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation), penjualan personal (personal selling), pemasaran langsung (direct marketing), pemasaran pengalaman (experiental marketing), dan juga pemasaran interaktif (interactive marketing) dalam komuniaksi pemasaran sudah sesuai dengan ketentuan ekonomi syariah dan tidak terdapat penyelewengan pada komunikasi pemasaran tersebut. Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Home Industry PUAASS, Produk