PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING (SFaE) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA SMP DI PEKANBARU

Main Author: INDAH DWI PERMATA, 11515203640
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/21686/1/17%20BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/21686/2/COVER-LAMPIRAN%2520KECUALI%2520BAB%2520IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/21686/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaing (SFaE) dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memillliki self efficacy tinggi, sedang, rendah, serta untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan self efficacy terhadap kemampuan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretes-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 42 Pekanbaru. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Porposive Sampling, terpilih kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji ANOVA dua arah (two way ANOVA). Tes yang dilakukan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan angket yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket self efficacy. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran SFAE dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan Fhitung Ftabel dimana > 3,98. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswa antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedanng, rendah dengan Fhitung Ftabel dimana > 3,13. 3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran dan self efficacy siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan Fhitung Ftabel .