ANALISIS KEPRIBADIAN SISWA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU
Main Author: | TRISCA MAULIA, 11516200241 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/21648/1/SKRIPSI%20FULL%20TRISCA%20MAULIA%20OK.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/21648/2/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/21648/ |
Daftar Isi:
- Trisca Maulia (2019): Analisis Kepribadian Siswa dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepribadian siswa dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang memiliki kepribadian sulit untuk menghafal pelajaran, siswa sulit untuk bersosialisai, siswa sulit untuk berkompromi dan masih ada siswa yang cenderung pendiam pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah kepribadian siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data dengan rumus P X Pn. Berdasarkan analisis data dengan teknik tes melalui google form yang penulis lakukan, kepribadian siswa kelas XI IPS dalam meningkatkan hasil belajar dalam proses pembelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru, siswa lebih dominan memiliki kepribadian Sanguin dan Flegmatik. Hal ini dikarenakan siswa dapat mengeluar pendapat pada saat proses pembelajaran, siswa aktif bertanya dan siswa mampu mengeluarkan pendapatnya. Kata kunci: Analisis, Kepribadian Siswa, Hasil Belajar