PENERAPAN METODE AL-INTIQOIYYAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA BIDANG STUDI BAHASA ARAB SISWA DI PONDOK PESANTREN DARUL FATAH AIR TIRIS KAMPAR
Main Author: | ROUDHOTUL JANNAH, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/21609/1/UPLOAD%20PUSTAKA%20UNIV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/21609/2/BAB%20IV%20UPLOAD.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/21609/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Roudhotul Jannah,(2019):Penerapan Metode Al-Intiqoiyyahuntuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Bidang Studi Bahasa Arab Siswa di Pondok Pesantren Darul Fatah Air Tiris Kampar. Penelitian ini merupakan Quasi Eksprimen yang bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Al-Intiqoiyyah untuk meningkatkan prestasi bahasa Arab siswa di Pondok Pesantren Darul Fatah Air Tiris Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan metode Al-Intiqoiyyah efektif untuk meningkatkan prestasi bahasa Arab siswa di Pondok Pesantren Darul Fatah Air Tiris Kampar. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa kelas tujuh (VII) MTs Pondok Pesantren Darul Fatah Air Tiris Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 MTs Pondok Pesantren Darul Fatah Air Tiris Kampar yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 44 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purpossive sampling, sampel dalam penelitian ini adalah kelas 1A sebagai kelas eksprimen dan kelas 1B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data menggunakan Tes “t” yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa metode Al-Intiqoiyyah pada pembelajaran bahasa Arab efektif untuk meningkatkan prestasi bahasa Arab siswa di Pondok Pesantren Darul Fatah Air Tiris Kampar. Hal ini dapat diketahui bahwa t-hitung> t-table (5.289 > 1.682) dengan taraf signifikansi 5% dan df=42. Karena thitung > ttabel (5.289 > 1.682), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa arab dengan menggunakan metode Al-Intiqaiyyah. Kata kunci: Penerapan, Metoe Al-Intiqoiyyah, Prestasi Siswa