PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Learning Cycle dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP Negeri 3 Tambang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.3 dan VII.6 SMP Negeri 3 Tambang dan objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan model Learning Cycle terhadap pemahaman konsep matematis siswa yang ditinjau dari kemampuan awal siswa. Penulis menggunakan tes”t” dan two way anova untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Learning Cycle dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Learning Cycle dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, 3) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Learning Cycle dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal sedang, 4) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Learning Cycle dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal rendah. Dengan demikian secara umum model Learning Cycle berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis yang ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 3 Tambang Kata kunci : Learning Cycle, Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal.