Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi olehkurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMPIT Az-Zuhra Islamic School Pekanbaru dan bahan ajar yang belum maksimal digunakan pada proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKS dalam pembelajaran matematika yang valid dan praktis, serta dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalahmatematis siswa pada materi segi empat.Pengembangan bahan ajar berupa LKS mengikuti pendekatan ProblemPosing.Jenis penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation).Subjek penelitian adalah dosen dan guru sebagai validator serta siswa kelas VII Semester Genap SMPIT Az-Zuhra Islamic School Pekanbaru. Sampel penelitian adalah kelas VII.A sebagai kelas eksperimen yang diterapkan bahan ajar LKS berbasis pendekatan Problem Posing serta kelas VII.B sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional.Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis pendekatanProblem Posing.Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis.Instrumen pengumpulan data berupaangket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.Bahan ajar hasil pengembangan telah teruji dengan tingkat kevalidaan 87,61% (sangat valid)dan tingkat kepraktisan 90,81% (sangat praktis) Sedangkan nilai