Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan belum ilaksanakannya pendekatan Open Ended di Madrasah Tsanawiyah Kampar. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pendekatan Open Ended dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung ditinjau dari kemampuan awal siswa serta apakah terdapat interaksi antara pendekatan Open Ended ditinjau dari kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan pendekatan Open Ended dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung serta jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, kemampuan awal sedang, dan kemampuan awal rendah, 2) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan Open Ended ditinjau dari kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci : Open Ended, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Matematis.