PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasis Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share yang valid dan praktis serta untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, mplementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelompok kecil, 30 siswa kelompok terbatas dan objek penelitian adalah Lembar Kerja Siswa berbasis Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas dan soal tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan uji validitas, Lembar Kerja Siswa berbasis Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dinyatakan valid dengan persentase tingkat kevalidan yaitu 85,55%. Berdasarkan uji praktikalitas, Lembar Kerja Siswa berbasis Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dinyatakan praktis dengan persentase tingkat kepraktisan kelompok kecil yaitu 85,56% dan kepraktisan kelompok terbatas yaitu 88,29%. Berdasarkan tes kemampuan representasi matematis, Lembar Kerja Siswa berbasis Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share sudah memfasilitasi kemampuan representasi matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 84,75% (tinggi). Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa Lembar Kerja Siswa berbasis Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share yang dikembangkan sudah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share, Kemampuan Representasi Matematis.