Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis model Connecting, Organizing, Reflecting and Extending yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa pada maeri Kubus dan Balok. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Subyek penelitian adalah para ahli materi dan teknologi yang terdiri dari dosen dan guru serta 6 siswa untuk ujji kelompok kecil dan 28 siswa untuk uji kelompok terbatas. Objek penelitian adalah LKS berbasis model Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas oleh para ahli untuk mengetahui validitas LKS, angket uji praktikalitas oleh siswa untuk mengetaui praktikalitas LKS, dan tes kemampuan koneksi matematika oleh siswa untuk mengetahui kemampuan koneksi matematika siswa setelah menggunakan LKS. Data diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong kriteria valid (80,2%) dan sangat praktis (83,4% untuk kelompok kecil dan 84,3% untuk kelompok terbatas). Kemampuan koneksi matematis siswa setelah menggunakan LKS termasuk kategori sangat baik (80,95). Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis model Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci: LKS, Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending, Koneksi Matematis