Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modul berbasis pendekatan saintifik yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Candung Kabupaten Agam. Subjek penelitian ini adalah kelas VII-4 dan objek penelitian ini adalah modul berbasis pendekatan saintifik. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, modul berbasis pendekatan saintifik dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 85%. Berdasarkan uji praktikalitas, modul berbasis pendekatan saintifik dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 83,4%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa modul yang dikembangkan layak dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan Komunikasi Matematis, modul berbasis pendekatan saintifik sudah memfasilitasi kemampuan Komunikasi Matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 85,7% dinyatakan kategori tinggi. Kata Kunci: Modul, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Komunikasi Matematis