PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU AZ-ZUHRA ISLAMIC SCHOOL PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Ekonomi di Sekolah Menegah atas Islam Terpadu Az-zuhra Islamic School Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 39 siswa yaitu X Mekkah berjumlah 24 siswa dan X Madinah berjumlah 15 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar mata pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X di SMA-IT Az Zuhra Islamic Shool Pekanbaru. Hal ini dilihat dari r hitung > r tabel (0,316< 0,622> 0,408). Persentase sumbangan pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 38,7%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Keaktifan Belajar, Pengaruh