Pengaruh Strategi Spiritual Teaching terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Tunas Karya Pekanbaru
Main Author: | Farras Musiriyanda, - |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/21500/1/GABUNGAN.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/21500/2/15.%20BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/21500/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu strategi spiritual tecahing sebagai variabel X dan motivasi belajar siswa sebagai variabel Y. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan strategi spiritual teaching terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Tunas Karya Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa, objeknya pengaruh strategi spiritual teaching dan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI sekolah menengah kejuruan Tunas Karya Pekanbaru (106 siswa). Sampel dalam penelitian ini adalah 106 siswa. Teknik pengambilan sampel data menggunakan Teknik Korelasi Koefisien Kontingensi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket atau kuisioner, dan dokumentasi. Berdasarkan pengolahan data terdapat pengaruh yang signifikan, dengan diperoleh indeks 0,2390 pada taraf signifikan 5% = 0,195 maupun padaq taraf signifikan 1% = 0,245. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan strategi spiritual teaching terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Tunas Karya Pekanbaru. Kata Kunci : Strategi, spiritual teaching, motivasi belajar