Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Penerapan Strategi Ekspositori pada Pembelajaran Tajwid (variabel bebas/independen atau variabel X) dan Kemampuan Membaca Al-Quran Siswa (variabel terikat/dependen atau variabel Y). Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakan ada pengaruh yang signifikan Penerapan strategi ekspositori pada pembelajaran tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru Pendidikan Agama Islam dan 90 siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi ekspositori pada pembelajaran tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dengan cara angket, observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus product moment. Berdasarkan analisis pengaruh penerapan strategi ekspositori pada pembelajaran tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru melalui uji korelasi product moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 0,274 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% = 0,207 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,270. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yaitu ada pengaruh penerapan strategi ekspositori pada pembelajaran tajwid terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Pekanbaru.