PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BINA PROFESI PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi bahwa motivasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lingkungan, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta pengaruh lingkungan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Bina Profesi Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan sejak bulan Desember 2016 sampai Februari 2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Bina Profesi Pekanbaru. Objek penelitian adalah lingkungan dan Motivasi Belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment. Dalam pengolahan data tersebut peneliti menggunakan bantuan perangkat komputer program SPSS (Statistical Program Society Science) Versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data maka disimpulkan bahwa Lingkungan, melalui hasil angket dengan persentase 81,67% tergolong sangat baik. Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, melalui angket dengan persentase 79,09% tergolong baik. Melalui uji SPSS (statistical Program Society Science) korelasi Product Moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan kategori yang cukup signifikan dilihat dari r hitung > r table baik pada taraf signifikan 5% dan 1% atau 0,361 < 0,532 > 0,463. Ini berarti H0 ditolak Ha diterima. Peneliti kemudian menyimpulkan, bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Bina Profesi Pekanbaru.