Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 016 Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar dengan penerapan Strategi Meninjau Kesulitan pada Materi Pelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi meninjau kesulitan pada materi pelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data guru dan siswa dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Sedangkan hasil belajar siswa menggunakan ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan strategi meninjau kesulitan pada materi pelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya 45,45%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat menjadi 68,18%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 86,36%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi meninjau kesulitan pada materi pelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri016Kemang Indah Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Meninjau Kesulitan pada Materi Pelajaran, Hasil Belajar,Ilmu Pengetahuan Alam