Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dan konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif terhadap produk pakaian bermerek terkenal pada mahasiswa (Fekonsos) UIN Suska Riau. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada hubungan antara kepercayaan diri dan konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif terhadap produk pakaian bermerek terkenal pada mahasiswa (Fekonsos) UIN Suska Riau. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi aktif fekonsos jurusan akuntansi UIN Suska Riau yang berjumlah 174 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri, skala konformitas teman sebaya dan skala perilaku konsumtif produk pakaian bermerek terkenal. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan secara bersama-sama antara kepercayaan diri dan konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa (Fekonsos) UIN Suska Riau. Dengan koefisien korelasi R = 0,425 dan nilai F = 18,865 dan sig. (p) = 0,000 (p < 0,01). Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa kepercayaan diri dan konformitas teman sebaya memberikan sumbangan efektif atau pengaruh sebesar 21,3% terhadap perilaku konsumtif dan sisanya sebesar 78,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : kepercayaan diri,konformitas teman sebaya, perilaku konsumtif