PENGARUH PENERAPAN STRATEGI HEURISTIK MODEL POLYA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 PEKANBARU
Main Author: | RATNA DEWI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2140/1/2013_2013824PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2140/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh penerapan Strategi Heuristik Model Polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 2 Pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh penerapan Strategi Heuristik Model Polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 2 Pekanbaru pada materi lingkaran?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Postest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pekanbaru tahun ajaran 2012/2013, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan strategi Heuristik model Polya pada pokok bahasan lingkaran. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali pertemuan, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan Strategi Heuristik Model Polya dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varians untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan Strategi Heuristik Model Polya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 2 Pekanbaru.