PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MTs HASANAH PEKANBARU

Main Author: ROMITA,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2139/1/2013_2013822PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2139/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Treffinger dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru pada pokok bahasan garis dan sudut?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posstest Only Control Design. Desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random. Kelompok pertama diberi perlakuan yang disebut kelas eksperimen sedangkan kelompok kedua tidak diberi perlakuan yang disebut dengan kelas kontrol. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran dan juga sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru yang berjumlah 150 siswa dan objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Selama penelitian, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali yaitu lima kali pertemuan belajar dengan menggunakan model pembelajaran Treffinger dan satu pertemuan lagi untuk melaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji chi kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan rumus tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa pada kelas VII MTs Hasanah Pekanbaru pada pokok bahasan garis dan sudut.