PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIFE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU

Main Author: LIA LISTARI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2138/1/2013_2013821PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2138/
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaaan pemahaman konsep matematika siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru antara siswa yang diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Cooperatife Integrated Reading and Composition dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaaan pemahaman konsep matematika siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru antara siswa yang diterapkan pembelajaran kooperatif tipe Cooperatife Integrated Reading and Composition dan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional?”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Darul Hikmah Pekanbaru semester genap tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 237 siswa yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII4 sebagai kelas eksperimen dan VII1 sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu Pemahaman Konsep matematika siswa MTs Darul Hikmah sebagai variabel terikat dan pembelajaran kooperatif tipe Cooperatife Integrated Reading and Composition sebagai variabel bebas. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan dokumentasi, tes, lembar observasi yang dilakukan pada setiap pertemuan. Penelitian ini berlangsung selama enam kali pertemuan, yang terdiri atas lima kali pertemuan dengan menggunakan pembelajaran koopertif tipe Cooperatife Integrated Reading and Composition dan satu pertemuan untuk mengadakan postest. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Cooperatife Integrated Reading and Composition terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs Darul Hikmah Pekanbaru