PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN BANTUAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA PADA SISWA SMA AL-HUDA PEKANBARU
Main Author: | ERNI YANTI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2134/1/2013_2013797PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2134/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Advance Organizer dengan bantuan peta konsep dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Advance Organizer dengan bantuan peta konsep dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Al-Huda Pekanbaru?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini peneliti langsung berperan sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Al-Huda Pekanbaru yang berjumlah 63 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi Kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Advance Organizer dengan bantuan peta konsep dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA Al- Huda Pekanbaru.