PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SEACRH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA SMA TRI BHAKTI PEKANBARU
Main Author: | MARTINA ZESKA LOVA, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2131/1/2013_2013792PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2131/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS)dan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS)dan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional?” PenelitianiniadalahpenelitianQuasi Eksperimendandesain yang digunakanadalahPosttest-only Design with Nonequivalent Group.Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMATri BhaktiPekanbaru, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuanberpikirkritismatematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dantes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitulimakali pertemuan dengan menggunakanmodel pembelajaran Search Solve Create Share, dansatu pertemuan lagi dilaksanakanpostes.Untuk melihathasil penelitian tersebut, digunakanuji Chi Kuadratuntukmengujinormalitas data, ujivarianuntukmelihathomogenitas data, kemudiandigunakanrumus tes-t untuk mengetahui hasilpenelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwaterdapatperbedaankemampuanberpikirkritismatematikasiswa SMA Tri BhaktiPekanbaru yang belajarmenggunakanmodel pembelajaran Search Solve Create Share dansiswa yang belajarmenggunakanmetodekonvensional