PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN STRATEGI TRUE OR FALSE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MAN 1 PEKANBARU

Main Author: SRI SETYOWATI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2130/1/2013_2013790PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2130/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan strategi True or False dan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan strategi True or False dan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional?” Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Dalam penelitian ini guru berperan langsung dalam proses pembelajaran dan peneliti sebagai observer. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan strategi True or False, dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui hasil penelitian. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dengan strategi True or False dan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional.