Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kompetensi Profesional Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 65 dan Siwa kurang mampu menjawab soal-soal yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian Korelasi Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah Observasi, Test, dan Dokumentasi. Sedangkan untuk tenik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Analisis Korelasi Serialdengan rumus :            P Or Ot SD O O M R tot r t ser 2 ( ) {( ).( )} Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari angka korelasi yakni sebesar 0.931 angka ini jauh lebih besar dari pada “r” tabel pada taraf signifikansi 5% yakni 0.44 dan pada taraf signifikansi 1% yakni 0.561, (0.444<0.931> 0.561). Ini berarti bahwa hipotesa alternatif yang diterima. Kata Kunci: Profesional guru, Prestasi belajar, Matematika