Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan Strategi Bermain Pantomim di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru.Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa.Diantaranya, kurangnya siswa menyimak pelajaran yang disampaikan oleh guru, ketika guru memberikan suatu pertanyaan hanya beberapa siswa yang memberikan pendapat, dan ketika guru memberikan tugas hanya beberapa siswa yang aktif dalam mengerjakan tugas. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas.Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru.Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Strategi Bermain Pantomim.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan.Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa dengan menggunakan rumus persentase, yaitu: P =