PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI TEMBILAHAN
Main Author: | ALFIN HIDAYATUR RAHMIKA, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/2113/1/2013_2013702PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/2113/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran pemecahan masalah terhadap kemampuan penalaran matematika siswa Madrasah Aliyah Negeri Tembilahan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat perbedaan pada penerapan model pembelajaran matematika terhadap kemampuan penalaran matematika siswa Madrasah Aliyah Negeri Tembilahan? Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yaitu yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Tembilahan dan yang menjadi objek penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematika kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Tembilahan. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi, dan test. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui sejarah sekolah, keadaan guru dan siswa, sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Sedangkan test dipergunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika siswa. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran pemecahan masalah lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari perhitungan dengan menggunakan test t, bahwa harga thitung yaitu 2,16 lebih besar dari taraf signifikan 5% 2,16>1,292 dan menunjukkan thitung> ttabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pemecahan masalah berpengaruh positif terhadap kemampuan penalaran matematika siswa Madrasah Aliyah Negeri Tembilahan sebesar 2,16 %.