PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN SOMATIS-AUDITORI-VISUAL-INTELEKTUAL (SAVI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 4 TAMBANG

Main Author: DIDET TRALITA,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2108/1/2013_2013663PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2108/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan “Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Tambang dengan penerapan model pembelajaran langsung dengan pendekatan Somatis-Auditori-Visual-Intelektual (SAVI)”. Adapun rumusan masalahnya yaitu: “Apakah penerapan model pembelajaran langsung dengan pendekatan Somatis-Auditori-Visual-Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok Kubus dan Balok dikelas VIIIB SMP Negeri 4 Tambang?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Tambang pada semester genap tahun ajaran 2008/2009. Sedangkan objeknya adalah model pembelajaran langsung dengan pendekatan Somatis-Auditori-Visual-Intelektual (SAVI) dan hasil belajar matematika Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan tes. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Observasi dilakukan oleh penulis sendiri sebanyak 4 kali. Tes hasil belajar siswa berupa quiz dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Dari analisis data yang dilakukan terlihat rata-rata sebelum tindakan 58,53 sesudah tindakan 79,79. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan pendekatan Somatis-Auditori- Visual-Intelektual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Tambang.