PENGARUH STRATEGI AKTIF TIPE LIGHTENING THE LEARNING CLIMATE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMP N 17 PEKANBARU

Main Author: DWI SUSANTI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/2107/1/2013_2013659PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/2107/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil dan kreativitas belajar matematika siswa menggunakan Strategi Aktif Tipe Lightening The Learning Climate dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan Strategi Aktif Tipe Lightening The Learning Climate dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?” dan apakah terdapat perbedaan kreativitas belajar matematika siswa menggunakan Strategi Aktif Tipe Lightening The Learning Climate dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional?”.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen klasik dan desain yang digunakan adalah Two-Group Post- Test-OnlyDesign. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX yang berjumlah 74 orang, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IX1 dan IX2. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi, lembar observasi, angket dan tes. Dalam penelitian, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan menggunakan menggunakan Strategi Aktif Tipe Lightening The Learning Climate kemudian satu pertemuan lagi melaksanakan penyebaran angket dan tes. Untuk mengetahui hasil penelitian kreativitas dan hasil belajar matematika siswa dilakukan dengan uji-t. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan penerapan Strategi Aktif Tipe Lightening The Learning Climate terhadap hasil dan kreativitas belajar matematika siswa.