Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (Variabel X) dan keaktifan belajar (Variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan Belajar Fiqih Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi, dengan rumusan masalah apakah ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar fiqih siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi?. Subjek penelitian ini adalah Siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan Strategi Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan Belajar Fiqih Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi, Untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 60 orang, dikarenakan kelas VII hanya terdiri dari 2 lokal maka peneliti tidak memakai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Tes “t”. Dari hasil analisis statistik dengan menggunakan teknik analisis tes „t‟ dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar Fiqih Siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi, dengan perolehan angka indeks thitung 2,54 lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% = 2.00. Dengan demikian maka Ha (hipotesa alternatif) diterima dan Ho (hipotesa nihil) ditolak. Jadi ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keaktifan belajar Fiqih siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi . Artinya dengan penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) maka akan semakin tinggi keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi.