HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA SATRIA PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara kecerdasan emosional danintensi berwirausaha siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIISMK taruna Satria Pekanbarusedangkan objek dalam penelitian ini adalah hubungan antara kecerdasan emosional danintensi berwirausaha siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XIISMK sebanyak 150 dengan jumlah sampel sebanyak 110 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan emosional danintensi berwirausaha siswa pada mata pelajaran kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria PekanbaruHal ini dilihat dari r hitung > r tabel (0,195 <0,613>0,256). Hubungan antara kecerdasan emosional dan intensi berwirausaha siswa tergolong pada kategori kuat, karena nilai koefisien korelasi kecerdasan emosioanal dan intensiberwirausaha siswa adalah sebesar 0,613 terletak pada interval koefisien 0,60 – 0,799. Kata kunci :Kecerdasan Emosional, IntensiBerwirausaha